Sunday 9 September 2012


“kau tak akan selamat Saburo. Aku bersumpah akan menuntut balas dari akhirat. Kau akan mati dibunuh oleh samuraimu sendiri. Akan kau rasakan bagaimana senjatamu menikam dirimu. Kau akan ditikam oleh Samurai yang kau bawa dari negerimu. Ingat itu baik-baik. Aku bersumpah…”

Tikam samurai adalah sebuah novel legendaries karangan Makmur Hendrik yang dicetak oleh CV. Pena Emas Padang pada Febuari 1983 dengan harga awal pernovelnya Rp. 1.000,- (Seribu Rupiah).  
Tikam samurai menceritakan seorang anak muda bernama “Bungsu”, anak dari Datuk Barbangso, seorang pejuang yang mati terbunuh dalam pertarungan tidak seimbang dengan “Saburo Matsuyama” seorang tentara Jepang. Untuk membalaskan dendamnya, Si Bungsu kemudian melakukan perjalanan panjang dari Payakumbuh ke Pekanbaru, menuju Singapura dan Memasuki Jepang. Disepanjang perjalanannya, si Bungsu terlibat dalam pertarungan berdarah dengan tentara Jepang, Pasukan Green Baret Inggris, sindikat perdagangan wanita di Singapura. Di Tokyo menantang tokoh Yakuza Jepang untuk menyelamatkan seorang gadis Jepang dan memilih untuk tidak membunuh Saburo Matsuyama, musuh besarnya di Kyoto, tetapi mengantarkan Saburo memilih untuk hara-kiri (bunuh diri) setelah dia kalahkan dalam pertarungan Samurai sejati.
Perjalanan yang berlumur darah itu, juga dilumuri dengan romansa cinta yang melibatkan si Bungsu, pemuda semampai berwajah gagah namun dingin itu, dengan Mei-Mei dan Mei Ling gadis Cina, Salma, gadis yang dia cintai yang kemudian ditakdirkan berjodoh dengan sahabatnya, serta Michiko anak pembunuh ayahnya sendiri.
*******

Cerita Tikam Samurai ini terdiri dalam beberapa episode yang didalamnya juga terdiri dari beberapa jilid (Semuanya 12 Jilid), berikut ini adalah gambaran dari beberapa episodenya:
Episode I (Pertama)
Bercerita tentang kenapa si Bungsu sampai begitu berani mati mencari musuhnya ke Jepang dan apa alasannya maka dia menjadi pendendam dan amat membenci penindasan dari kelompok yang amat kuat pada kelompok yang lemah. Episode ini telah tamat ketika si Bungsu berangkat meninggalkan kampung Buluh cina menuju Singapura untuk kemudian terus ke Jepang.
Episode II (Kedua)
Bercerita tentang pertarungannya melawan kelompok-kelompok bandit diJepang, melawan kezaliman dan melawan musuh besarnya Saburo Matsuyama. Dan jangan lupa ternyata dia bertemu dengan pahlawan samurai legendaris Jepang Zato Ichi.
Episode III (Ketiga)
Menceritakan dia terlibat dalam permusuhan dengan kelompok gangster internasional yang memperdagangkan wanita dari Indonesia, Malaysia, Bangkok dan negeri lainnya. Dia berkenalan dan bersatu dengan bekas pasukan Grenn Barret, pasukan paling elite dan kesohor dari Inggeris. Episode ini lokasinya adalah Singapura dan Australia.
Episode IV (Keempat)
Adalah episode paling gelap dalam sejarah Minangkabau. Episode itu menceritakan keterlibatan si Bungsu dalam pergolakan PRRI di Sumatera Barat. Dalam episode itu secara telanjang dikisahkan betapa kejamnya pasukan yang sedang berperang. Baik itu PRRI maupun APRI. Tapi tak hanya kekejaman isinya, juga terdapat kisah-kisah yang amat manusiawi dan mengharukan. Misalnya persahabatan antara dua orang tentara, yang satu masuk PRRI yang satu tetap dalam APRI.
Dalam episode ini dikisahkan sejarah tertembaknya Kolonel Dakhlan DJambek. Saat itu sebenarnya dia sudah akan pergi ke Bukittinggi, sudah ada kontak dengan panglima bahwa dia akan bergabung kembali ke pangkuan Pertiwi. Tapi subuh itu, disaat dia akan berangkat ada pasukan yang mencegat dan menembaknya? Apa sebenarnya yang terjadi? Sengaja dibunuhkah dia agar tak kembali ke Republik Indonesia? Siapa-siapa penembak subuh itu? Dalam episode IV ini, semuanya diceritakan secara nyata.
Episode V (Kelima)
Bercerita tentang petualangan si Bungsu yang sebenarnya diluar kemampuannya di Dallas, Texas. Saat itu tahun 1963. Dan dia berada di Dallas, di tempat terbunuhnya Presiden Kennedy Kalau saja pihak keamanan tidak ikut terlibat dalam komplotan pembunuh itu, atau kalau saja Polisi Dallas mau mendengar laporannya via telepon, seharusnya Kennedy saat ini masih hidup Siapa sebenarnya yang mendalangi pembunuhan Kennedy? Dalam episode V ini hal itu diceritakan.
Dan di Dallas pula si Bungsu kehilangan dua orang yang amat dekat dengannya. Pertama adalah Tongky, anggota Green Barret sahabatnya sejak di Singapura. Kedua adalah dua orang gadis yang mencintai dan dicintainya Semuanya lenyap mati atau menikah”.
Episode VI (Keenam)
Merupakan episode terakhir serial Tikam Samurai. Episode itu terjadi sekitar tahun 1966-1968 di Jakarta, Padang, Bukittinggi dan kampung halamannya Situjuah Ladang Laweh di kaki gunung Sago. Banyak perempuan singgah dalam hidupnya. Namun dengan siapa akhirnya dia menikah? Dalam episode terakhir ini, anda akan menemukan kisah yang mencekam dan benar-benar diluar dugaan.
*******

Novel ini setidaknya memberikan pengaruh dan sentuhan tersendiri bagi  jiwa perantau anak muda Minangkabau yang hidup pada zaman keemasan novel  ini. Berbeda dengan novel ringan anak-anak generasi MTV hari ini, Tikam Samurai mempertajam dan memperbesar keinginan petualangan anak Minang yang sejatinya telah terlahir sebagai pengembara.
Bungsu telah menjadi spirit bagi petualangan pemuda-pemuda Minang. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa anak muda yang bernama Bungsu itu pernah ada dengan menenteng tongkat tua berisi samurai, dengan wajah tampan dan dinginnya.
Namun sayang, tak ada yang memperhatikan nilai novel ini,  tak tahu dimana versi lengkap dari 12 jilid novel ini. Bahkan konon  kabarnya, pengarangnya pun tidak lagi menyimpan masternya. Alhamdulillah, saya punya beberapa episodenya.

5 comments:

  1. Assalam sanak..
    bku Tikam samurai ko ado bara jilid dk snak tu?
    wak hobi lo mambaco tikam samurai ko mah tpi terkndala jo novel yng krang lngkap.
    dma snak mandpek an novel nyo ko?
    kalau bsa bgi2 lh info tu nak snak..
    kbtulan wak anak Poli BP 010 lo mah.
    bsa gai wak share2 dkmpus tu mah nak?
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wassalam sanak..
      sabana nyo buku tikam samurai ko alah dicetak ulang baliak ma sanak,, kalau ndak salah ado 7 jilid.. patang tu wak bali di sari anggrek jilid V, IV, IIV. harga perjilid ny Rp 80.000,-
      selain itu wak cri2 di google lo sanak..
      mang kalau sanak dpek ny dri ma??
      jurusan apo sanak?? Insya Allah mungkin wak bsa sbok mah..

      Delete
  2. wassalam sanak..
    sabana nyo buku tikam samurai ko alah dicetak ulang baliak ma sanak,, kalau ndak salah ado 7 jilid.. patang tu wak bali di sari anggrek jilid V, IV, IIV. harga perjilid ny Rp 80.000,-
    selain itu wak cri2 di google lo sanak..
    mang kalau sanak dpek ny dri ma??
    jurusan apo sanak?? Insya Allah mungkin wak bsa sbok mah..

    ReplyDelete
  3. selain di sari anggrek dima awak bisa mambali buku iko snak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ptang t prnah wak tnyo smo MH Center ny.. katony di bkittnggi ado juo sanak.. tpi wak krag tw t4 ny..
      cbo sanak tnyo ce smo urang ny lgsuang..
      ko no hp ny..
      Eva : 08127618309
      Sony : 081365639801

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini...

Mutiara Hati

"Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan bintang-bintang dan Dia juga menjadikan padanya matahari dan bulan yang bersinar" (QS. Al-Furqan 25 : 61)

Your System

IP
"Mohon maaf.. Lagi maintenance..."

Popular Posts