Monday 26 December 2011


Pengenalan Awal
Lighting Mash adalah efek yang digunakan untuk memberikan kesan sinar yang bergerak pada sebuah tulisan. Pada tutorial ini, penulis akan memberikan efek sinar yang bergerak dari kiri kekanan dan sekaligus dari kanan kekiri.

Langkah-langkah pengerjaan
1. Buka aplikasi Macromedia Flash Profesional versi 8.0

2.   Buka document baru dengan cara klik Flash Document pada Create New. Setelah document baru terbuka, selanjutnya kita atur propertis layarnya dengan ketentuan:
Ukuran                       : 400 X 75 Pixel
Background Color    : Hitam

3.   Selanjutnya kita tuliskan kata-kata yang akan diberi efek, dengan ketentuan warna tulisan tidak sama dengan warna background, seperti pada gambar dibawah ini:
Font Type                    : Algerian
Ukuran                         : 38, Bold
Align                            : Center

4.   Setelah langkah diatas, kita pilih tool Modify --> Break Apart. Ini akan memberikan efek seperti pada gambar:

5. Setelah itu kita kembali pilih tool Modify --> Break Apart sekali lagi, sehingga tampilannya akan berubah seperti pada gambar dibawah. Disini kita juga mengubah Type Color nya menjadi “Linear”. 
6. Selanjutnya kita akan memberikan dua buah icon warna pada garis warna yang terletak pada windows color disamping kanan layar. Disini kita akan memberikan warna hijau muda dan kuning, selain itu kita juga mengubah nilai “Alpha” yang terdapat disisi kanan kirinya menjadi 0 (Nol).

7. Selanjutnya kita akan menggunakan tool “Paint Bukcket Tool” untuk menjadikan warna tulisan lebih jelas dan padu, dengan cara menarik garis lurus dari bawah keatas pada salah satu huruf yang ada. Agar tulisannya kelihatan lebih jelas, kita bisa ubah ukuran layar menjadi 400%.

8.   Setelah langkah diatas kita ubah kembali ukuran layar menjadi normal. Selanjutnya pada tahap ini kita akan meng-convert to symbol sebanyak 2 kali dengan cara klik “Modify à Convert To Symbol”, dengan ketentuan:
  •   Pertama:
           Name                    : Teks
           Type                      : Graphic

  •  Kedua:
           Name                    : Teks Mov
           Type                      : Movie Clip

9.  Selanjutnya kita Double Click pada tulisannya, sehingga akan tampil layer “Teks Mov”

10. Kemudian kita klik “Teks Mov” lalu kita tambahkan 2 buah layer baru, yaitu: layer 2 dan layer 3. Setelah ditambahkan, kita akan mengkopikan “layer 1 ke layer 3” , dengan cara: Klik kanan pada Frame 1 layer 1 --> Copy Frame à klik kanan pada Frame 1 Layer 3 --> Paste Frame.


 11. Tahap selanjutnya kita akan membuat efek sinar menggunakan “Rectangle Tool”. Kita akan membuat sebuah kotak yang panjangnya setengah dari layar tulisan yang kita buat. Setelah itu kita ubah warna dan bentuknya menjadi miring kekanan. Kita bisa menggunakan “Free Transform Tool” dan menarik sisi atasnya ke sebelah kanan, sehingga hasilnya seperti pada gambar dibawah (Sebelumnya kita pilih dulu Layer 2 pada Frame 1)

 12.  Selanjutnya kita Convert To Symbol dengan nama “Sinar” dan Typenya “Graphic”

 13.  Berikutnya kita akan “Insert Frame” pada Layer 1 dan Layer 3 yaitu pada Frame 40

 14. Selanjutnya pada Layer 2 Frame 20 kita klik kanan, lalu pilih “Insert Key Frame”, kemudian kita letakkan layar “Sinar” disebelah kiri tulisan, lalu kita tekan tombol “Shift” dan tarik layar sinar tadi sampai kesebelah kanan tulisan.



15. Selanjutnya kita “Insert Key Frame” lagi pada Frame 40 Layer 2 sama dengan langkah sebelumnya, tetapi untuk menggerakkan sinarnya dari sebelah kanan ke sebelah kiri.


16. Tahap selanjutnya, pada pertengahan dari kerja kita pada layer 2 tadi (Frame 10 dan Frame 30), kita klik kanan --> Create Motion Tween

17. Kemudian pada Layer 3 kita klik kanan --> Mask

18. Setelah semua langkah-langkah diatas selesai, kita bisa melihat hasil kerja kita dengan cara klik “Control” --> “Test Movie”
Kita bisa menyesuaikan kecepatan dari sinar tadi dengan cara mengubah jumlah Frame Rate nya


    Hasil movie nya:





0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini...

Mutiara Hati

"Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan bintang-bintang dan Dia juga menjadikan padanya matahari dan bulan yang bersinar" (QS. Al-Furqan 25 : 61)

Your System

IP
"Mohon maaf.. Lagi maintenance..."

Popular Posts